Prioritas Peningkatan Pelayanan Terminal Tlogomas Kota Malang
Abstract
Terminal Tlogomas Kota Malang termasuk tipe B yang beroperasi pertama kali pada tahun 1991 hingga saat ini terus mengalami penurunan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas peningkatan pelayanan terminal Tlogomas dengan mempertimbangkan persepsi dari pengguna. Pengguna yang menjadi responden penelitian ini berjumlah 100 orang terdiri dari penumpang dan operator angkutan umum dan penyewa area komersial terminal. Hasil analisis memperoleh 10 atribut pelayanan untuk dilakukan perbaikan meliputi atribut perlindungan keamanan dan kesehatan, jaminan kejelasan dalam pemilihan tujuan perjalanan, berfungsinya penghawaan (alami dan buatan), kondisi jalan yang baik, harga makanan dan minuman yang terjangkau, kedatangan dan keberangkatan tepat waktu, waktu tunggu yang tidak lama, kebersihan ruang dalam dan ruang luar, keteraturan tatanan jalan, parkir, sirkulasi, dan organisasi ruang, dan tersedia tempat penyewaan penitipan barang yang relatif aman.