Persepsi Penumpang Terhadap Pemilihan Low Cost Carrier (Studi Kasus Maskapai Indonesia Airasia)

Abstract

Skytrax pada Tahun 2014 telah merilis hasil penilaian penumpang dari seluruh dunia dan menempatkan maskapai AirAsia sebagai maskapai low cost carrier atau maskapai berbiaya murah terbaik di duniasebanyak 6 (enam) kali berturut-turut. Penelitian ini berusaha menggali faktor apa saja yang memiliki peran penting yang mempengaruhi persepsi penumpang Indonesia AirAsia dalam memilih maskapai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penumpang LCC dalam memilih maskapai AirAsia di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi penumpang LCC dalam memilih maskapai AirAsia Indonesia ditentukan oleh faktor produk sebesar 57,22%, faktor pelayanansebesar 8,66% dan faktor personel atau petugas maskapai sebesar 6,68%.