Analisis Persepsi Dan Harapan Masyarakat Terhadap Pengembangan Park And Ride Stasiun Bekasi
Abstract
60 persen penduduk Bekasi merupakan penduduk komuter dari Jakarta, dengan persentase tertinggi sebesar 80% adalah pengguna kendaraan pribadi yang menyebabkan kemacetan lalulintas. Mempertimbangkan pentingnya jaringan transportasi pengumpan untuk meningkatkan kinerja angkutan umum dan guna mendukung pengembangan sistem transportasi antarmoda, makaPT.KAI merencanakan pembangunan layanan park and ride di stasiun Bekasi sehingga pelaku perjalanan dari Bekasi menuju Jakarta dapat memanfaatkan layanan park and ride tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pelayanan park and ride dan mengetahui respon dan harapan masyarakat terhadap pengembangan park and ride di Stasiun Bekasi. Kajian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis logit biner. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap pengembangan park and ride di Stasiun Bekasi adalah baik, hal ini ditunjukkan dengan 95% responden yang setuju dengan konsep park and ride di Stasiun Bekasi dan 73,75% bersedia menggunakan park and ride tersebut. Fasilitas pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat terlihat dari rata-rata tertinggi alternatif 1 yaitu, tarif pakir untuk mobil 5000 rupiah dan tarif parkir motor 3750 rupiah, waktu perjalanan lebih cepat 20% dari kondisi awal, waktu tunggu hanya 5 menit, kedatangan kereta tepat waktu dan sesuai jadwal, petugas keamanan 24 jam, ada CCTV dan penerangan yang baik.