Evaluasi Pelayanan Angkutan Danau Sentani

Abstract

Danau Sentani adalah danau yang berada di Kabupaten Jayapura, yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan terdapat 24 kampung tersebar dipesisir dan pulau-pulau kecil yang ada ditengah danau.  Aktifitas masyarakat disekitar danau sehari-hari selalu tergantung kepada angkutan danau yang menghubungkan desa/kampung dengan desa/kampung lainnya, tetapi kurang ditunjang fasilitas palabuhan danau yang memadai. Untuk itu perlu adanya evaluasi sejauhmana kondisi pelayanan angkutan danau sentani dilihat dari jenis sarana dan tingkat kepuasan pelanggan. Hasil wawancara terhadap penumpang dan nakhoda kapal dengan mengggunakan metode analisis statistik danImportance-Performance, maka didapatkan proporsi penumpang 53% perempuan, 40% usia 21-30 thn, 91% frekwensi lebih dari 5 kali/minggu, 37% masyarakat dari Desa Yahim dengan tujuan Kp. Putrani (28%) dan dalam pelayanannya dari hasil opini penumpang perlu ditingkatkan adalah perbaikan fasilitas Pelabuhan Danau Yahim. Kata kunci: evaluasi, pelayanan, angkutan danau