Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Personel Ground Handling PT. Jasa Angkasa Semesta (PT. JAS) di Bandara Halim Perdana Kusuma – Jakarta

Abstract

Kinerja personel groundhandling merupakan salah satu faktor penunjang yang dapat mempengaruhi keamanan dan keselamatan penerbangan. Prosedur penanganan bagasi, penumpang dan pesawat di bandara sudah diatur agar tercipta standarisasi yang sama antara satu airline dengan airline lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja berdasarkan status kepegawaian (pegawai tetap dan outsourching, pengaruh pelatihan, dan pengalaman kerja. mengetahui tanggapan petugas groundhandling terhadap faktor motivasi, kompetensi, disiplin kerja dan pemberian kompensasi dalam pelaksanaan dilapangan. (Studi kasus dalam penelitian ini adalah PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Bandara Halim Perdana Kusuma). Responden penelitian adalah personel pada PT. JAS Bandara Halim Perdana Kusuma – Jakarta yang diambil dengan teknik sensus berjumlah 50 orang. pengolahan data dengan menggunakan uji mann – whitney, uji dua sampel kolmogorov – smirnov dan uji kruskal wallis. Hasil analisis menunjukkan bahwa saat ini kinerja petugas groundhandling PT. JAS Bandara Halim Perdana Kusuma sudah sangat baik. Tidak ada perbedaan antara kinerja pegawai yang berstatus pegawai tetap dan outsourching, mengikuti pelatihan dan tidak ikut pelatihan (dalam setahun) dan lama kerja. Beberapa hal yang mendapat perhatian adalah besaran gaji yang diterima saat ini, standar pelatihan dan pengembangan dalam peningkatan kemampuan (skill) petugas, pemantauan kehadiran, pelaksanaan peraturan penerbangan serta pemberian bonus/uang lembur serta tunjangan sesuai dengan beban pekerjaan.