Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Pendekatan Analisis Regresi Linier
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang prioritas diperbaiki dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di terminal penumpang Pelabuhan Ambon melalui pendekatan analisis regresi linier. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan nilai koefisien korelasi R sebesar 80.7%. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel V1–V16 secara serentak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, tetapi secara parsial, berdasarkan hasil Uji t, variabel V4, V5 dan V11yang berpengaruh secara signifikan.Dengan asumsi bahwa variabel lain tidak berubah, maka peningkatan 1 point nilai variabel V4 akan meningkatkan nilai Y sebesar 0,769.Prioritas perbaikan terjadi pada layanan : Keselamatan di lokasi pemberhentian, halte, atau terminal angkutan umum, di sekitar pelabuhan (terganggu oleh lalulintas kendaraan, dan lain sebagainya).