Peranan Strategi Round Trip Time Terhadap Tingkat Persaingan Usaha Angkutan Bus Akap PT Primajasa Perdanaraya Utama Rute Jakarta-Garut

Abstract

PT. Primajasa Perdanaraya Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi bus AKAP ( Antar kota antar Propinsi ). Adapun permasalahan adalah bagaimana strategi round trip time dapat unggul pada rute Jakarta - Garut? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor ekstemal serta untuk mengetahui bagaimana strategi untuk dapat unggul dalam persaingan usaha sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Analisis yang digunakan adalah SWOT ( strengths, weaknesses, opportunities, threats ). Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa PT. Primajasa Perdanaraya Utama memiliki kekuatan yaitu; disiplin waktu, armada bus yang banyak, waktu tempuh yang cepat, kenyamanan dan keamanan, jumlah keberangkatan bus yang tinggi. Kelemahan yaitu; armada bus desain lama, kemacetan lalu lintas, perbaikan bus (storing), kecelakaan, biaya maintenance yang tinggi. Peluang yaitu ; lokasi terminal/ pool yang terjangkau, promosi yang baik kepada masyarakat, kepercayaan konsumen terhadap PO. Primajasa dalam hal pelayanan, awak bus yang ramah, sopan, dan disiplin. Ancaman yaitu ; munculnya PO lain yang melayani di rute yang sama, PO yang mengggunakan strategi yang sama, PO pesaing yang memberikan pelayanan lebih bervariatif, medan jalan yang sering terjadi perbaikan, awak bus yang berpotensi di rekrut pesaing. Maka posisi perusahaan setelah dilakukan analisis SWOT yaitu pada kuadran I. adapun strategi altematif yang mungkin dapat dilakukan adalah meningkatkan promosi yang lebih komunikatif dan bervariatif kepada masyarakat, memberikan pendidikan dan latihan kepada para awak bus agar mematuhi peraturan perusahaan, Mendisiplinkan keberangkatan bus agar tepat waktu.