Kajian Evaluasi Pelayanan Angkutan Penyeberangan Perintis Lintas Bitung – Melonguane
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan ASDP di Kota Bitung adalah satu-satunya jasa transportasi yang melayani kegiatan penyeberangan di Propinsi Sulawesi Utara, untuk lintas Bitung–Melonguane dengan jarak 212 mil.Untuk meningkatkan kinerja pelayanan perlu dilakukan pengukuran terhadap kepuasan masyarakat, yaitudengan mengunakan metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI). AnalisisCSI dimaksudkan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada penyeberangan perintis lintas Bitung-Melonguane berdasarkan hasil analisis terhadap 150 responden diperoleh nilai untuk kepuasan penumpang sebesar 70,76 %.Nilai ini terdapat pada koordinat 3,45 and 3,19.Hal ini menunjukan bahwa indeks kepuasan penumpang terhadap pelayanan angkutan penyeberangan perintis lintas Bitung–Melonguane berada pada kriteria memuaskan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama atribut-atribut pelayanan yang terdapat pada kuadran IV, pada kondisi tersebut kondisi pelayanan sudah cukup baik, namun memiliki kepentingan yang rendah hal ini perlu dipertahankan dalam meningkatkan kinerja.