NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SENI KALIGRAFI KARYA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH IAIN PONOROGO

Abstract

Setiap karya seni pada umumnya memiliki nilai khusus yang terkandung disetiap ide penciptaannya, bisa berupa nilai keindahan, nilai pendidikan, teknik pembuatan dan lain sebagainya. Kaligrafi islam merupakan salah satu media da’wah yang memiliki nilai pendidikan. Oleh karena itu artikel ini ingin mengulas hasil karya kaligrafi mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo dalam mata kuliah Pembelajaran Seni dan Budaya di Madrasah Ibtidaiyah. Penulisan ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Penulis mengolah data dimulai dengan studi pustaka, merumuskan tema, membuat kata kunci dan merumuskan hasil analisis kedalam bentuk deskriptif. Kesimpulan hasil observasi menunjukkan bahwa karya kaligrafi mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo bertemakan lafadz Asmaul Husna dan Ayat-ayat suci Al-Qur’an memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan lafadz, arti lafadz, pemilihan khat, pemilihan warna dan teknik pewarnaan yang digunakan. In general, each work of art has an exceptional value contained in each of its evaluation ideas. It can be beauty value, educational value, manufacturing techniques and so forth. Islamic calligraphy is one of the missionary endeavour media that has educational value. Therefore, this article would like to review the calligraphy works of students of the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education department State Islamic Institute of Ponorogo in the Arts and Culture Learning at Madrasah Ibtidaiyah course. This study is descriptive qualitative. It is started with reviewing the literature, formulating the theme, creating keywords and formulating analysis results in descriptive forms. The conclusion of observations on the calligraphy works of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education department State Islamic Institute of Ponorogo students with the theme of Asmaul Husna and the holy verses of the Qur'an has educational values contained therein. This can be seen from the word selection, word meaning, line selection, colour selection, and colouring techniques used.