PROBLEMA GURU DALAM MENGAJARKAN BERHITUNG PEMBAGIAN DIKELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problema guru dalam mengajarakan berhitung pembagian dikelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Study Kasus. Subjek penelitian adalah guru wali kelas 2 Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi.Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil wawancara dengan guru mengenai strategi pembelajaran berhitung pembagian disekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Negeri 155/1 Sungai Buluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki problema dalam mengajarkan berhitung pembagian dikelas rendah. Berdasarkan indikator berhitung pembagian yaitu pengenalan konsep membagi, pembagian sederhana, dan mengajarkan konsep sisa, problema guru dalam mengajar berhitung pembagian yaitu terdapat pada peserta didik yang masih terfokus pada menghafal perkalian saja tanpa memahami pada proses operasi hitung pembagian itu sendiri. Kata Kunci : Problema Guru, Berhitung Pembagian