Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi

Abstract

Abstrak Sudah seyogyanya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukan sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan  muatan-muatan  informasi  apa saja yang dianggasp perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa bisa juga saling mengajar dengan sesama siswa  yang lainnya. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran  oleh rekan sebaya (peer teaching)  ternyata lebih efektif dari pada pengajaran oleh guru. system pengajaran   yang memberikan  kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesame siswa dalam tugas –tugas yang terstruktur disebut sebagai system “ pembelajaran gotong royong” atau  cooperative learning” Dalam  system ini, guru bertindak sebagai fasilitator. Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruhi terhadap hasil belajar PKN ? (b)  seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran PKn  dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pelajaran PKn  setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan r efisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas  VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,44%), siklus II (81,39%), siklus III (94,74%). Simpulan dari  penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas  VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi  Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017  serta model pembelajarasn  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Kewarganegaran Kata Kunci          : Kooperatif, NHT, Hasil Pembelajaran