Desain Kota Ramah Anak Perspektif Pendidikan Lingkungan (Studi Kasus Kota Semarang)
Abstract
Pemerintah Kota Semarang telah berupaya mencari alternatif solusi untuk memenuhi Hak Anak tersebut dengan menetapkan kebijakan Kota Ramah Anak Perspektif Pendidikan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Konsep Kebijakan Kota Ramah Anak Perspektif Lingkungan sesuai dengan permasalahan lingkungan yang ada di Kota Semarang, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah diolah kemudian disajikan dalam bentuk uraian, lalu diinterpretasikan atau ditafsirkan untuk dilakukan pembahasan dan dianalisis secara kualitatif, kemudian ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa konsep kebijakan Kota Ramah Anak Perspektif Pendidikan Lingkungan di Kota Semarang telah dibuat dalam Peraturan Walikota Semarang tentang Kota Ramah Anak pada 2 (dua) komponen, yaitu, kelembagaan dan hak anak. Dari komponen dan konsep idealisasi dalam pelaksanaannya serta tercapainya sebuah tujuan program kebijakan yang diukur dalam penilaian tersbut menghasilkan sebuah Desain Kota Ramah Anak Perspektif Pendidikan Lingkungan di Kota Semarang yang efektif dan efisien.