Analisis Perbandingan Sensitivitas AHP dan WP dalam Pemilihan Biro Perjalanan Umrah di Yogyakarta

Abstract

Jumlah jemaah umrah yang semakin meningkat mempengaruhi munculnya banyak perusahaan jasa perjalanan umrah khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini mengakibatkan calon jemaah umrah kesulitan menemukan biro perjalanan umrah yang sesuai dengan keinginannya, sehingga membutuhkan proses pemilihan biro perjalanan umrah dengan metode pengambilan keputusan yang relevan. Penelitian ini menganalisis tingkat sensitivitas metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan metode Weighted Product (WP) dalam pemilihan biro perjalanan umrah. Mengacu pada hasil analisis sensitivitas yang peneliti lakukan pada 6 percobaan dengan jumlah kriteria yang berbeda, metode AHP menghasilkan jumlah perubahan rangking sebesar 881 dan jumlah presentase sensitivitas sebesar 17.898%, sedangkan metode WP menghasilkan jumlah perubahan rangking sebesar 836 dan jumlah presentase sensitivitas sebesar 16.901%. Berdasarkan pada jumlah perubahan rangking dan presentase sensitivitas, dapat disimpulkan bahwa metode AHP merupakan metode yang relevan dalam pemilihan biro perjalanan umrah di Daerah Istimewa Yogyakarta.