KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia menurut studi PISA masih tergolong rendah, berdasarkan hasil PISA pada tahun 2018 siswa Indonesia menduduki peringkat 73 dari 79 negara. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTsS Rambatan pada kelompok rendah, kelompok sedang dan kelompok tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mix method) dengan desain concurrent triangulation. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 3 sekolah yang terdiri dari 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yaitu tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, studi hasil kerja siswa, dan wawancara. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran CPS lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan thitung > ttabel yaitu   2,83 > 1,70. Kemampuan literasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran CPS setelah tes dan hasil wawancara ditemukan hasil bahwa siswa kelompok rendah hanya mampu mencapai 2 level kemampuan literasi matematis. Pada siswa kelompok sedang sudah mampu mencapai 4  level kemampuan literasi matematis. Sedangkan untuk siswa kelompok tinggi sudah mampu mencapai 6 level kemampuan literasi matematis.