Tahap PraktikalitasLembar Essay Assessment Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika diSMA

Abstract

Penelitian pengembangan essay assessment berbasis Creative Problm Solving (CPS) menggunakan 4-D model. Tahap-tahap dalam 4-D model terdiri dari define, desain, development dan disseminate. Hasil analisis dari tahap definemenyataan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMAN 7 Padang masih rendah dan diperlukan pengembangan lembar essay assessment berbasis creative problem solving. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah tahap design (perancangan).Perancangan dilakukan untuk mendapatkan landasan dan kesesuian pengembangan essay assessment dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tahap selanjutnya adalah tahap develop (pengembangan) yang meliputi uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Tahap validasi menunjukkan hasil bahwa lembar Essay assessmentvalid untuk diujicobakan. Setelah lembar Essay assessmentdinyatakan valid oleh validator, langkah berikutnya adalah melakukan uji coba untuk mengetahui kepraktisan dan keefektivannya. Data kepraktisan diambil dari observasi terhadap keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan angket respon peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan lembar Essay assessment. Penelitian yang dilakukan ternasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan hasil uji praktikalitas lembar Essay assessment.