PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KECERDASAN EMOSI SERTA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

Abstract

Latar belakang penelitian adalah pendidikan anak bangsa yang cenderung menekankan masalah kecerdasan intelektual tanpa melihat faktor kebiasaan belajar, kecerdasan emosi dan peran orang tua yang sebenarnya penting menunjang keberhasilan siswa dalam meraih prestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi serta perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian menggunakan metode survey, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 456 siswa dari tiga SMP Swasta di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Analisis data menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika dipengaruhi secara bersama-sama oleh kebiasaan belajar, kecerdasan emosi, dan perhatian orang tua dengan persamaan regresi Ŷ = 49,376 + 0,324 X1 + 0,311 X2 + 0,448 X3. Secara parsial pula penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kecerdasan emosi dan penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh perhatian orang tua. Implikasi dari penelitian adalah perhatian orang tua memberikan kontribusi dominan pada penguasaan konsep matematika dari pada kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi. Maka disarankan orang tua untuk memberikan banyak perhatian kepada anaknya untuk meningkatkan hasil belajar matematika.