PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI 2 DAN 3 BERBASIS APLIKASI WINGEOM DI SMKN 3 SIJUNJUNG

Abstract

Dalam pembelajaran matematika diperlukan visualisasi dan animasi dari serangkaian obyek-obyek, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi ada beberapa masalah dalam pembelajaran matematika seperti tidak optimalnya penggunaan media pembelajaran, proses belajar matematika dapat menimbulkan rasa jenuh dan membosankan apalagi jika diajarkan pada jam-jam terakhir pembelajaran sehingga minat dan motivasi siswa kurang dalam belajar, kurangnya penguasaan konsep, serta pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Padahal penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu efektivitas proses pembelajaran dan penyampaian pesan/isi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika menggunakan Wingeom materi bangun ruang sisi datar untuk SMK kelas XI serta mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan Wingeom pada materi bangun ruang sisi datar melalui penyebaran angket dan tes. Jenis penelitian ini merupakan penilitian pengembangan. Penelitian ini mengembangakan media pembelajaran menggunakan Wingeom. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran menggunakan Wingeom materi bangun ruang sisi datar untuk SMK kelas XI masuk dalam kategori efektif.