EFEKTIVITAS BUKU AJAR METODE NUMERIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME DI IAIN BATUSANGKAR

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan buku ajar yang menjadi referensi pada mata kuliah Metode Numerik belum sesuai dengan kurikulum Jurusan Tadris Matematika. Penyajian pada materi buku ajar tersebut bersifat pemberian informasi sehingga mahasiswa belum terbiasa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Selain itu, mahasiswa terkendala dengan buku ajar yang sesuai dengan silabus, sehingga mereka belum bisa belajar secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut diperlukan buku ajar yang bisa memfasilitasi proses konstruksi pengetahuan mahasiswa secara mandiri. Oleh sebab itu, perlu dilihat efektivitas buku ajar metode numerik berbasis konstruktivisme. Efektivitas buku ajar yang dimaksud yaitu dapat dilihat dari aktivitas, hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa. Buku ajar ini disajikan dengan pendekatan konstruktivisme sehingga mahasiswa mampu membangun pemahaman secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap dosen. Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dalam perkuliahan menggunakan buku ajar berbasis konstruktivisme sehingga dapat dikatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan sudah efektif.