PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI DI SMP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan penalaran matematis siswa terkait dengan materi keliling persegi panjang setelah mereka diberikan pembelajaran berbasis multi representasi di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siwa berdasarkan pretes dan postes setelah diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2); dan (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan postes antara mereka yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun melalui sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2).