Perencanaan dan Analisis E-Book Interaktif Materi ASEAN

Abstract

Upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah terus melakukan berbagai macam perbaikan. Kurikulum yang tengah berkembang saat ini adalah kurikulum 2013 yang menuntut kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran yaitu belum dimanfaatkannya sumber belajar secara maksimal, baik oleh guru maupun siswa. e-book dapat digunakan sebagai sumber belajar. e-Book merupakan buku dalam format elektronik berisikan informasi yang dapat berwujud teks, gambar, video dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-book interaktif pada materi ASEAN untuk siswa SMA kelas XII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-book interaktif pada materi ASEAN diuji cobakan secara terbatas oleh ahli media. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MLDC). Pada tahap Concept menentukan tujuan, sasaran pengguna, dan analisis kebutuhan. Tahap Design membuat storyboard. Tahap Obtaining Content Material mempersiapkan segala bahan dan materi. Tahap Assembly pada e-book interaktif ini menggunakan Adobe Indesign CS6. Tahap Testing melakukan pengujian oleh ahli media. Pada tahap Distribution, e-book interaktif akan dipublikasi CD. Adapun analisis kelayakan e-book interaktif pembelajaran ASEAN dilakukan dengan memberikan lembar evaluasi ke ahli media. Perhitungan analisis kelayakan menggunakan skala likert. Hasil rata-rata analisis kelayakan yang diperoleh ialah 3.7 sehingga e-book interaktif pembelajaran ASEAN layak untuk di distribusika atau dipublikasi.