Reception Learning: Proses Pembelajaran Vokal pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Purwa Caraka Musik Studio Semarang

Abstract

ABSTRAKAnak Usia Sekolah Dasar (usia 6-13 tahun) memerlukan sebuah metode yang tepat dalam pembelajaran khususnya di bidang music (vocal).  Pada usia tersebut, kondisi psikologis dan kognitif yang baik perlu diciptakan guna mencapai proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran vocal di Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) Semarang. Adapun metode yang digunakan adalah qualitative research dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran vocal di PCMS sangat relevan dengan metode Reception Learning. Pembelajaran tersebut dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: 1). advanced organizer, yang berupa kegiatan pengkondisian psikologis dan kognitif siswa; 2). Pemberian tugas belajar yang bertujuan untuk pendalaman teknik vocal; dan 3). Evaluasi tahapan sebelumnya dengan maksud mengetahui capaian hasil belajar siswa.