Utilization of Wasaka Museum as a Learning Resource on Social Studies

Abstract

Museum Wasaka merupakan tempat penyimpanan benda koleksi perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah pada periode revolusi fisik (1945-1949). Di dalam museum juga terdapat arsip tentang Proklamasi 17 Mei sebagai penanda gigihnya para pejuang Banjar di Kalimantan Selatan dalam melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana museum Wasaka dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi ke museum Wasaka, kemudian melakukan wawancara dengan pengelola museum, pengunjung museum, dan guru IPS di SMPN 27 Banjarmasin. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjang pengamatan serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa museum Wasaka dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan cara menganalisis materi yang relevan dengan sejarah koleksi benda yang ada di museum. Pada penelitian ini ditemukan bahwa Materi yang relevan yaitu pada materi Masa Kemerdekaan 1945-1950 sub materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan.