PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN STRATEGI TEAM QUIZ SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan strategi team quiz untuk meningkatkan prestasibelajar IPS siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian inimerupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif sedangkan untuk data aktivitasdan prestasi siswa dengan deskripsi kuantitatif.. Penerapan strategi team quiz dapatmeningkatkan prestasi siswa di kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswapada aspek partisipasi dalam kelompok sebesar 10%, kemampuan bekerja sama sebesar12% dan aspek kemampuan menjawab sebesar 15%. Prestasi belajar siswa mengalamipeningkatan, hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai dari nilai rata-rata pada prapenelitian sebesar 55 dengan ketuntasan 16%, siklus I nilai rata-rata adalah 63 denganketuntasan 28% dan siklus II nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 59.Kata kunci: Cooperative Learning, Team Quiz, Prestasi Belajar