STRATEGI SOUND BRACKETING DRILL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Abstract

ABSTRAKArtikel ini membahas tentang penggunaan strategi sound bracketing drill untuk meningkatkankemahiran berbahasa Arab siswa kelas XB TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan SlemanTahun Pelajaran 2013/2014. Bahan artikel ini diambil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atauClassroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuanterhadap 35 siswa. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi soundbracketing drill dapat meningkatkan kemahiran siswa berbicara bahasa Arab. Hal tersebut dapatdilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa di dalam kelas. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswadi dalam kelas adalah 69, setelah siklus I menjadi 76 dan setelah siklus II, nilai rata-rata siswa didalam kelas mengalami kenaikan menjadi 83.Kata kunci : strategi, sound bracketing drill, kemahiran berbicara, bahasa Arab.