MENINGKATKAN TEAMWORK SKILLS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS COOPERATIVE LEARNING

Abstract

Pada umumnya laki-laki lebih mendominasi daripada perempuan. Akan tetapi, siswa laki-laki SMK Muhammadiyah Wonosari merupakan kelompok minoritas yang sepanjang proses pembelajaran cenderung lebih pasif meskipun sudah didorong guru untuk melakukan teamwork. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teamwork skills siswa melalui layanan bimbingan klasikal berbasis cooperative learning pada 34 siswa kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 (dua) siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif berbasis komputer berbantuan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian pada pra tindakan menunjukkan bahwa siswa memiliki skor rata-rata 56,35 atau dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan sebagian siswa perempuan belum dapat berinteraksi, berkomunikasi dan menyelesaikan tugas kelompok dengan baik. Pada siklus I, skor rata-rata meningkat menjadi 65,32 atau kategori tinggi yang ditandai dengan perubahan pola komunikasi yang lebih intensif dan interaktif. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat mencapai 68,08 atau berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mampu berinteraksi dan berkomunikasi secara aktif, bahkan berani mengungkapkan pendapat dan mempertahankan gagasannya secara kritis dan etis untuk menyelesaikan tugas kelompok.