ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PGSD UAD PADA PENGAJARAN MIKRO TAHUN 2016/ 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengajar mahasiswa PGSDUAD pada perkuliahan microteaching tahun 2016/2017. Kemampuan mengajarmahasiswa yang dinilai yaitu kemampuan pada saat melakukan microteaching yangterbagi menjadi kemampuan melakukan pendahuluan, inti, dan penutup. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitianini adalah 15 mahasiswa PGSD UAD semester VI (enam) kelas G1 pada mata kuliahpengajaran mikro. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar penilaian praktikpengajaran. Ada lima kategori penilaian pada praktik pengajaran yaitu semua kriteriapenilaian tidak muncul, kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik. Presentase yangdituliskan pada hasil analisis ini adalah yang pada kriteria “baik”. Hasil dari penelitianini yaitu 1) Pada kegiatan pendahuluan, point apersepsi dan motivasi 66,67 % beradapada kategori baik, point menyampaikan kompetensi dan rencana kegiatan ada 80 %;2) pada kegiatan inti, point penguasaan materi pembelajaran 73,33 %, point penerapanstrategi pembelajaran yang mendidik ada 73,33 %, point penerapan pendekatan scientificada 80 %, point pemanfaatan sumber belajar 73,33 %, 3) pada kegiatan penutup, pointmelakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik ada 86,67%, point memberikan tes lisan atau tulisan 86,67 %, point mengumpulkan hasil kerjasebagai bahan portofolio 53,33 %, point melaksanakan tindak lanjut dengan memberikanarahan kegiatan berikutnya 86,67 % berada pada kategori baik.Kata kunci: analisis kemampuan mengajar, mahasiswa PGSD UAD, pengajaran mikro