PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ALISLAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SD MUHAMMADIYAH BRANJANG
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Al-Islam siswa kelas VSemester Ganjil SD Muhammadiyah Branjang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang beralamatdi Branjang, Ngawis, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Motivasibelajar siswa diukur dari tingkat kesiapan, perhatian, dan keaktifan siswa. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulandata berupa dokumentasi, observasi, dan evaluasi. Data berasal dari studi dokumentasi,hasil observasi, dan evaluasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa padaPendidikan Al-Islam selama pembelajaran yang dibuktikan dengan data kondisionalsiswa yang semula sikapnya dinilai baik hanya ada 2 orang atau 14,3 %, sedangkanpada perbaikan siklus I siswa yang bersikap baik menjadi 6 orang atau 42,9% dan padaperbaikan siklus II siswa yang sikapnya sangat baik ada 1 orang atau 7,2%, yang sikapnyabaik ada 10 orang atau 71,4%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaanmodel Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Al-Islamsiswa kelas V Semester Ganjil SD Muhammadiyah Branjang Tahun Pelajaran 2016/2017.Selain itu dapat dilihat pula bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan dari tahapkondisional hingga akhir kegiatan.Kata kunci : Motivasi belajar, Cooperative Learning tipe Jigsaw, Al-Islam