METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TARIKH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Tarikh dengan menerapkan metode sosiodrama kelas IV SD Muhammadiyah Menguri. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Menguri yang berjumlah 13 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode sosiodrama, motivasi dan prestasi belajar tarikh mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Rata rata persentase motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 51,28% meningkat menjadi 62,82% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 76,93%. Sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa dari kemampuan awal sebesar 48,07 dengan jumlah 0 (0%) yang memenuhi KKM meningkat menjadi 76,54 dengan jumlah siswa 7 (53,84%) yang memenuhi KKM pada siklus I. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,15 dengan jumlah 10 siswa (76,92%) yang memenuhi KKM.