UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IBADAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRACTPenelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui strategipembelajaran The Power of Two pada mata pelajaran ibadah kelas IV A di SDM Ambarbinangun.Minat belajar siswa diukur dari tingkat kesiapan, perhatian dan keaktifan siswa. Penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, angket dan evaluasi. Databerasal dari studi dokumentasi, hasil observasi, angket dan evaluasi. Analisis yang digunakan adalahanalisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi The Power of Two dapatmeningkatkan minat belajar ibadah siswa kelas IV A SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Hal ininampak dari peningkatan kesiapan, perhatian dan keaktifan siswa selama pembelajaran. Dari hasilevaluasi berupa tes tertulis dan unjuk kerja dzikir sesudah shalat menunjukkan adanya pengaruhpositif peningkatan minat belajar terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: The Power of Two, minat belajar.