ACTIVE LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VEKTOR

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Active Learning  berbantuan flashcard dan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi vektor bagi siswa  X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 sebanyak 32 siswa. Subyek penelitian ini dipilih karena berdasarkan observasi yang dilakukan guru pada waktu proses pembelajaran, siswa masih sangat kurang aktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dilihat dari persentase ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar mengalami kenaikan yang signifikan. Pada kondisi awal persentasenya 28,13% kemudian meningkat pada akhir Siklus I menjadi 40,63% artinya active learning berbantuan flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa namun masih belum mencapai target yaitu 80% sehingga dilanjutkan pada Siklus II. Diakhir Siklus II terjadi lagi peningkatan yang lebih siggnifikan lagi menjadi 100% artinya active learning berbantuan flashcard sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa active learning berbantuan flashcard dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif bagi para guru matematika dalam melakukan kreatifitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Active Learning, Media Flashcard, Hasil Belajar, Materi Vektor  Abstract This research aims to apply Active Learning with Flashcard assisted and to improve learning outcomes in vector material for students of X MIPA 3 Muhammadiyah 3 Yogyakarta Senior High School. This research is a Classroom Action Research (CAR). The subjects of this research were students of class X MIPA 3 as many as 32 students. The subject of this class action research because based on observations made by the teacher during the learning process, students were still very less active. Data collection techniques are carried out by observation, tests, and documentation. The data obtained were analyzed using statistics. The results showed that there was an increase seen from the percentage of learning completeness. Learning completeness experienced a significant increase. In the initial condition the percentage was 28.13% then increased at the end of Cycle I to 40.63% meaning that flashcard-assisted active learning can improve student learning outcomes but still not reach the target of 80% so that it continues in Cycle II. At the end of Cycle II, there was another more significant increase to 100%, meaning that flashcard-assisted active learning is very suitable to be applied to improve learning outcomes. Thus it can be concluded that the use of Active learning models with Flashcard assisted can improve the activity and learning outcomes. This learning model can be used as an alternative for mathematics teachers in doing classroom learning creativity. Keywords: Active Learning, Flashcard Media, Learning Outcomes, Vector Material