KOLABORASI METODE IQRA DAN KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Abstract

AbstrakPenelitian dengan kolaborasi metode iqra dan kartu huruf memiliki tujuan meningkatkankemampuan serta minat membaca dan menulis huruf hijaiyah Al-Qur’an. Penelitian inimenggunakan penelitian tindakan (action research) yang menggambarkan bagaimanasuatu metode dan media diterapkan dalam pembelajaran dan mendeskripsikan capaiansecara maksimal. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing putaransiklus dilakukan dalam tiga kali petemuan. Langkah-langkah tindakan : Merencanakan,melaksanakan, mengobservasi, dan merefleksi tindakan dari siklus yang telah berlangsung.Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan 9% kemampuan membaca huruf hijaiyahAl-Qur’an dari siklus pertama 73% menjadi 82% pada siklus kedua. Kemampuan menulishuruf hijaiyah Al-Qur’an pada siklus petama sebesar 38% dan meningkat menjadi 85%.Minat siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an dari 80% pada siklus pertama mengalamipeningkatan 93% pada siklus kedua di kelas IC SD Muhammadiyah Nitikan.Kata Kunci : Metode Iqra, Kartu Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Al-Qur’an