PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 BAMBANGLIPURO

Abstract

Abstrak Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang bersifat kolaboratif, Disain penelitian yang dipergunakan dalam penelitian tindakan ini adalah model kemmis yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart yang dalam pelaksanaannya terdiri dari  2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Pada tiap tiap siklus meliputi tahap perencaaan,tindakan,observasi dan refleksi.Metode penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif untuk keaktifan siswa sedangkan  data ketuntasan dan prestasi siswa dengan deskriptif kuantitatif.Berasarkan hasil penelitian ,penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan pestasi belajar IPA ,hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan siswa dari  53.12% pada siklus 1 meningkat menjadi 71.89 % pada siklus 2, nilai Ketuntasan klasikal dari 56% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2,nilai rata-rata individual dari 61.25 pada siklus1 menjadi 69 pada siklus 2. Berdasar hasil penelitian disarankan bagi guru hendaknya menerapkan metode eksperimen agar siswa dapat belajar dengan aktif serta prestasi belajarnya dapat meningkat.Kata kunci:Metode eksperimen , prestasi belajar,IPAThe research aims to determine the improvement of science learning achievement through the experimental method of the students from class 8 of Junior High School of Muhammadiyah 2 Bambanglipuro. This research is a collaborative classroom action research. The research design used in this action research is the Kemmis model developed by Stephen Kemmis and Robbin McTaggart in which its implementation consists of two cycles, each cycle consists of two meetings. In each cycle includes the planning, action, observation, and reflection stages. This research uses qualitative descriptive analysis for student’s activity while data on student completeness and achievement uses quantitative descriptive. Based on the result of the research, the use of experimental method can improve the science learning achievement, this is evidenced by the increase of student activity from 53.12%, in the first cycle, to 73.89% in the second cycle, classical completeness value from 56%, in the first cycle, to 75%, in the second cycle, the individual mean values from 61.25, in the first cycle, to 69, in the second cycle. Based on the result of the research, teachers are suggested to apply the experimental method so that students can learn actively and they can improve their learning achievement. Keywords: Experimental method, learning achievement,Sains