PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MINDSCAPE PADA PEMBELAJARAN IPS DASAR BAGI MAHASISWA PGSD UAD

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media flash card berbasis mindscapepada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD dan 2) mengetahui kelayakanmedia media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswaPGSD UAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research andDevelopment (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Lee& Owens melalui 5 tahapan. Tahapan tersebut meliputi Analysis, Design, Development,Implementation dan Evaluation. Validasi produk melibatkan 1 dosen ahli media, 1 dosenahli materi, dan 2 teman sejawat. Subyek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSDUAD tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa kelas IB pada ujicoba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembarpenilaian kelayakan media flash card berbasis mindscape, dan lembar observasi. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, danobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakankonversi skor menjadi data kualitatif untuk kelayakan. Hasil uji coba satu-satu daripenilaian ahli dan teman sejawat menunjukkan media flash card berbasis mindscapepada pembelajaran IPS Dasar layak digunakan dengan kriteria ”Sangat Layak”. Uji cobakelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria “SangatBaik”.Kata Kunci: pembelajaran IPS, media flash card, mindscape