UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS REPORT TEXT MELALUI MIND MAPPING SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Mind Mapping. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan  secara kolaboratif anatar guru dan kolaborator. Subjek penelitian  adalah 25 siswa kelas IXC SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes Pedoman observasi digunakan setiap pembelajaran berlangsung, tes digunakan setiap siklus berakhir. Catatan lapangan dibuat setiap pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping (peta pikiran) dapat  meningkatkan kemampuan menulis report text dalam bahasa Inggris.  Langkah-langkah pembelajaran adalah sebagai berikut: (1) Menentukan sebuah tema berdasarkan gambar (2) mengembangkan tema menjadi bagian - bagian, (3)Mengembangkan bagian – bagian  menjadi kalimat pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (4) Presentasi dari setiap kelompok didepan kelas  . Angket pendapat siswa tentang manfaat mind mapping dalam menulis mendapatkan respon positive.Hal ini ditunjukkan dengan: (1) Data hasil observasi partisipasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 73.33% ke siklus II yaitu 89.33% naik sekitar 16% . (2) Data hasil angket yang merespon positive dari 10 point angket sebanyak rata – rata 82.8%. (3) Rata-rata hasil tes siklus mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I yaitu 60.00 meningkat menjadi 73.68 pada siklus II naik 13.68. Keywords: Ability, Writing, Mind Mapping