PEMBELAJARAN AL QUR’AN-HADIS BERBASIS ACTIVE LEARNING DI MI MUHAMMADIYAH GRUBUG

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al Qur’an danHadis dengan menggunakan model Active Learning tipe Card Sort siswa kelas VI MIMuhammadiyah Grubug tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas (action risearch). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakanmetode observasi dan tes. Analisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif dankuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Active Learningtipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar al Qur’an Hadis siswa kelas VI MIMuhammadiyah Grubug Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dibuktikan,dari hasil belajar sebagai berikut nilai rata-rata pratindakan 33,75. Kemudian nilai rataratapada siklus I adalah 75, dan rata-rata pada siklus II adalah 63,5. Nilai rata-rata siklusI meningkat drastis jika dibanding pratindakan. Namun nilai rata-rata siklus II mengalamipenurunan dibanding dengan siklus I. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya lebihluas yakni materi siklus I ditambah materi siklus II, disamping waktu yang lebih sedikit.Disamping peningkatan nilai rata-rata ini, pembelajaran juga terlihat lebih aktif. Hal inidapat disaksikan dari partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran. Mereka salingbantu untuk menyusun kartu potongan-potongan redaksi maupun arti hadis menjadisusunan sebagaimana redaksi dan arti yang benar.Kata Kunci: Active Learning, Card Sort, Hasil Belajar