PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VIII D dengan metode Indeks Card Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Depok dengan subyek penelitian kelas VIII D tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Hukum Newton, Usaha dan energi. Hal ini menunjukkan keaktifan belajar siswa yang meliputi; Visual activities: membaca sumber belajar, Oral activities : bertanya, Listening activities: mendengarkan uraian, Writing activities: menulis konsep penting, Motor activities: bergerak atau berpindah tempat, Mental activities : memecahkan masalah dalam kelompok, Emosional activities: melakukan presentasi di depan teman-temannya dapat meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pra siklus 30,47% kemudian siklus I sebesar 59,28% dan siklus II menjadi 84,26%  . Pada hasil penelitian selanjutnya Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I yang tuntas sebesar 46% atau 14 dari 30 siswa dan di siklus II sebesar 83,3% atau 25 dari 30.kata kunci : Indeks card match, keaktifan belajar, hasil belajar