PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
AbstrakPenelitian Tindakan Sekolah ini merupakan hasil pengalaman penulis, saat bulan Agustusyang lalu diadakan akreditasi di SMK Muhammadiyah Tepus, pada kenyataannyaada beberapa guru yang dalam penyusunan RPP masih kurang memenuhi tata carapenyusunan RPP yang baik. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan meningkatkankompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP melalui supervisi akademik di SMKMuhammadiyah Tepus. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini, hanya dilakukan di SMKMuhammadiyah Tepus dan untuk 5 orang guru yang memiliki latar belakang pendidikannon keguruan dan masa mengajar belum ada 2 tahun serta belum pernah ikut dalampelatihan penyusunan RPP. Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalamtiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimaldalam dua siklus. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Melihat data perolehan hasil dalam kegiatan penelitian tindakan sekolahini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik berhasil meningkatkan kompetensipedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran.Kata kunci : Guru, Kompetensi pedagogik, Supervi