PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)
Abstract
Abstrak Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Minat Berwirausaha Siswa Melalui Pembelajaran Team Game Tournament (TGT)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Team Game Tournament dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk peningkatan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) yang menggambarkan bagaimana suatu metode dan media diterapkan dalam pembelajaran dan mendeskripsikan capaian secara maksimal. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Adapun langkah-langkahnya adalah: Merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan merefleksi tindakan dari siklus yang telah berlangsung. Hasil penelitiannya adalah rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 82,29, menjadi 85,52 pada siklus kedua. Peningkatan ini didukung dengan hasil angket bahwa pada siklus kedua terjadi peningkatan jumlah prosentase siswa yang menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap pernyataan positif tentang minat berwirausaha. Artinya, mulai ada peningkatan minat atau ketertarikan untuk berwirausaha siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta tahun ajaran 2017 / 2018.Kata Kunci : Team Game Tournament, Pembelajaran, Prakarya dan Kewirausahaan