PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Abstract

AbstrakPembelajaran Bahasa Inggris masih bersifat konvensional dan cenderung kurangmelibatkan peserta didik. Guru cenderung tidak menggunakan media pembelajaran danmetode pembelajaran tidak dikemas dengan menarik sehingga sering dianggap sulit danmenimbulkan kebosanan pada peserta didik. Pembelajaran berpusat pada guru sehinggapeserta didik hanya menerima materi, menulis, dan mengikuti semua yang dilakukanguru, akibatnya pembelajaran hanya bersifat verbalistik yang berakibat pada rendahnyapenguasaan kosakata peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikankemampuan penguasaan kosakata peserta didik dengan menggunakan media mini bookdi kelas IXA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. Metode yang digunakan adalahmetode penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Datadianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan deskriptif. Hasil Penelitianmenunjukkan bahwa melalui media mini book dapat meningkatkan penguasaan kosakatapada peserta didik kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2016/2017.Hasil penelitian pada siklus I, dari nilai rata-rata 80 meningkat menjadi 88 pada siklusII. Peserta didik yang berhasil mencapai KKM pada siklus I adalah 61% dan meningkatmenjadi 83% pada siklus II. Peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 16 pesertadidik dan pada siklus II meningkat menjadi 19 peserta didik.Keywords: Kosakata, Media Minibook, Bahasa Inggris