PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN KECERDASAN GANDA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Abstract

Tulisan ini membahas penerapan metode make a match dengan pendekatan kecerdasan ganda dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIC karena kelas tersebut memiliki minat belajar IPSpaling rendah dibandingkan kelas VIII yang lain. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Penerapan metode make a match dengan pendekatan kecerdasan ganda terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Hal ini ditunjukkan dengan hasil di lapangan berupa peningkatan minat siswa. Pada Siklus 1 hasil angket minat siswa terbesar berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 70,59%, siklus 2 meningkat pada kategori tinggi sebanyak 75%. Sementara itu, dari hasil observasi, pada siklus 1 terbesar berada pada kategori sedang 58.82%, untuk siklus 2 berada pada kategori tinggi 77,78%.Kata Kunci: make a match, kecerdasan ganda, minat belajar