PENINGKATAN MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE BAGI PESERTA DIDIK SMK

Abstract

Peserta didik SMK Muhammadiyah Wonosari memiliki minat belajar fisika yang tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh anggapan siswa sendiri yang memandang fisika hanya berisi rumus yang sulit dipahami dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar fisika melalui pembelajaran berbasis Multiple Intelligence pada peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran fisika disesuaikan dengan 8 kecerdasan menurut Gardner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan 62% peserta didik kurang berminat, karena pembelajaran fisika hanya mengedepankan kecerdasan matematika-logika. Pada siklus I minat peserta didik meningkat 20% ketika pembelajaran fisika menggunakan 8 jenis kecerdasan, sehingga bisa diikuti lebih banyak peserta didik. Pada siklus II minat belajar peserta didik meningkat 38% ketika pembelajaran lebih megendepankan kecerdasan naturalis sehingga 96% peserta didik berminat belajar fisika.