MENGHAFAL BACAAN SHALAT Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan bacaan shalatfardhu melalui metode Practice Rehearsal Pairs siswa kelas X SMK Muhammadiyah1 Sleman yang termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X (sepuluh)SMK Muhammadiyah 1 Sleman menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakanuntuk mengumpulkan data berupa observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil observasimemperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,64%menjadi 79,55% pada siklus II dan menjadi 93,18% pada siklus III. Peningkatan rata-ratanilai ulangan harian siklus tiga 77 dari 70 (nilai harian ulangan I), sebelum menggunakanpembelajaran model PRP menjadi 74 (ulangan harian II) sesudah menggunakan modelPRP. Naik 0.3.Kata kunci: Bacaan Shalat, Hafalan, dan Practice Rehearsal Pairs