LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS II SD MUHAMMADIAYAH KARANGWARU

Abstract

Artikel ini membahas minat belajar di dalam kelas pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan media lectora inspire. Paparan artikel ini didasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas II B SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta tahun ajaran 2013 / 2014 sebanyak 25 siswa. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan partisipasidan observasi kelas. Sesuai jenis penelitiannya, data dianalisis secara komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas II B SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta untuk belajar PKn di dalam kelas meningkat. Ini tampak dari peningkatan perhatian dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar.Kata Kunci: Minat , Program Lectora Inspire