PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN INKURI TERBIMBING

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika setelah mengimplementasikan pembelajaran inkuri terbimbing.Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 29 orang pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan memecahkan masalah, dan lembar observasi aktifitas siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sampai pada siklus II pembelajaran menggunakan inkuri terbimbingdapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika. Hasil kemampuan menyelesaikan soal mengalami peningkatan yang signifikan, pada siklus I adalah 41,38% atau12 siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas dengan ratarata nilai kelas 64,45, pada siklus II adalah 76% atau 22 orang yang dinyatakan lulus atau tuntas dengan rata-rata nilai kelas 75,52, sehingga standar keberhasilan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus kedua. Hasil analisis dapat dijelaskan bahwa pembelajaran melalui inkuri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika.Kata kunci: Pembelajaran inkuri terbimbing, kemampuan memecahkan masalah