SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN DISIPLIN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SODO

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi proses kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan supervisiakademik. Subjek Penelitian ini adalah guru di MI Muhammadiyah Sodo berjumlah 12orang. Supervisi akademik dilakukan secara individu masing-masing guru. Pengumpulandata menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik terhadap guru dalam proses belajarmengajar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sodo telah di anggap sangat baikdengan skor 639. Dengan ketercapaian skor tersebut sesuai dengan harapan dan tujuanpembelajaran yaitu disiplin dalam menyusun perencanaan pembelajaran, kedisiplinandalam melaksanakan pembelajaran, dan kedisiplinan dalam melaksanakan evaluasi.Dengan demikian pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kedisiplinan gurudalam kegiatan belajar mengajar.Kata kunci : Supervisi, akademik, displin