PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA melalui aplikasi e-learningMoodle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasidan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran e-learningMoodle. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil observasi guru mata pelajaran IPA pada awal semester I diperoleh keterangan bahwa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak peserta didik kelas VII yang tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan peserta didik lain ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran, malas mencatat materi pelajaran dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Peserta didik juga tampak kurang antusias dalam menerima materi pelajaran. Hal ini diperkirakan penyebabnya ada beberapa faktor yaitu faktor peserta didik dan faktor guru. Faktor peserta didik berupa kurangnya motivasi dari dalam diri peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar, sedangkan faktor guru diantaranya berupa media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru kurang memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah penggunaan media pembelajaran aplikasielearningMoodle dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasie-learningMoodle pada proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasidan prestasi belajar IPA dalam kualifikasi baik.