PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS DENGAN MEDIA KOMIK KOSONG

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menyusun teks tanggapan kritis padakelas IX G SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas ( Classroom Action Research) yang terdiri atas siklus, dimana setiap siklustedapat dua kali pertemuan. Setiap pertemuan melalui empat tahap. Tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas IX G. Terpilihnya kelas tersebut dikarenakan kelas tersebut memiliki nilairata-rata terendah dibandingkan kelas yang lain. Penggunaan media komik kosong padapembelajaran menyusun teks tanggapan kritis terbukti dapat meningkatkan kemampuanmenyusun teks tanggapan kritis di kelas IX G SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Halini ditunjukkan dengan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilanmenyusun teks tanggapankritisdari rata-rata siklus I yaitu75.20menjadi82,93 padasiklusII . Kemudian rata-rata ketuntasan hasil belajar darisiklus I yaitu 53,33 %menjadi 86,66% pada siklus II .Kata kunci : media komik kosong, teks tanggapan kritis, menyusun teks