PEMBELAJARAN ACTIVE READING BERBANTUAN KAMUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pembelajaran active reading berbantuan kamus. Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research ini meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflection). Penelitian ini menerapkan dua siklus. Setiap siklus yang diterapkan pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran active reading berbantuan kamus untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan 9 orang dengan prosentase 27,27,%. Sedangkan siklus II yang mencapai ketuntasan 24 orang dengan prosentase 81,81%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran active reading berbantuan kamus dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks hortatory exposition pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.