Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial

Abstract

Pokok bahasan arimatika sosial perlu menjadi perhatian dalam pembelajaran matematika. Subjek pada penelitian ini yaitu menggunakan sampel terbatas pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Batujajar. Sampel diambil sebanyak 5 orang siswa. Metode penelitian ini menggunakan deskripstif  kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada materi aritmatika sosial ditinjau dari kesalahan siswa dalam membaca soal cerita , kurangnya daya kemampuan siswa dalam memahami soal cerita, dan pada saat melakuan perhitungan pun masih ada siswa yang kurang tepat mereka kurang teliti ketika hitung menghitung dalam menyelesaikan soal nya pun mereka tergesa-gesa. Dengan nilai rata-rata persentase 52% siswa yang memahami penyelesaian dari materi tersebut dan sebanyak 48% siswa kurang memahami penyelesaian dari materi tersebut serta bermacam-macam kesalahan yang dilakukan siswa pada setiap butir soalnya