Pengaruh Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif

Abstract

penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x3 factorial bertujuan mengkaji pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar matematika melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS (A=1) dan Jigsaw (A=2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan dengan jumlah siswa 218, sedang jumlah sampel 60 siswa. Penelitian ini menggunakan dua faktor yakni faktor Ai (kombinasi model pembelajaran kooperatif ) dan Faktor Bj (minat siswa). Hasil analisis varian menunjukan bahwa (1) faktor interaksi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan minat siswa (Bj) melalui desain A*B dan desain B A*B melalui statistic uji-F menolak H0 yang berarti bahwa kedua model tersebut menolak hipotesis nol (mempunyai pengaruh yang signifikan). (2) faktor interaksi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan minat siswa (Bj) melalui desain A A*B dan desain A B A*B melalui statistik uji-F menerima H0 yang berarti bahwa kedua model tersebut menerima hipotesis nol (mempunyai pengaruh yang tidak signifikan).Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS, Jigsaw, Minat siswa, Hasil belajar matematika.